Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Juli, 2011

Judul                  :  Madre (kumpulan cerita)
Penulis               :  Dewi “Dee “Lestari
Penerbit            :  Bentang Pustaka
Tanggal terbit :  Juli – 2011
Harga                 :  Rp 47.000

“Apa rasanya sejarah hidup kita berubah dalam sehari? Darah saya mendadak menjadi seperempat Tionghoa, nenek saya ternyata tukang roti, dan dia, bersama kakek yang tidak saya kenal, mewariskan anggota keluarga yang tidak pernah saya tahu :  Madre,”. (lebih…)

Iklan

Read Full Post »

Oleh  :  Nurfita Kusuma Dewi

     Suasana lebaran hari pertama di rumah Mbok Emban sangat ramai.  Sebagai sulung dari tujuh bersaudara, rumah Mbok Emban sudah dinobatkan sebagai tempat jujugan acara pulang kampung.  Tidak peduli harga tiket bis dan kereta melonjak hebat karena tuslah, toh lebaran tanpa Mbok Emban serasa makan kolak tanpa ketan.

Maka berbondong-bondonglah adik kandung, adik ipar, keponakan, mantu, dan cucu ke rumah Mbok Emban yang asri itu.  Rumah Mbok Emban sebenarnya tidak besar.  Tapi hati Mbok Emban yang lapang ternyata sudah mampu membuat rumah Mbok Emban tampak “besar”. (lebih…)

Read Full Post »

“Sesungguhnya kegalauan adalah hak segala bangsa.”  —  Preambule

     Belakangan ini kata “galau” tampaknya tengah menyingkirkan eksistensi kata “~unyu” di dunia maya.  Sampai-sampai kalau sehari aja nggak bikin status galau di situs jejaring sosial bisa menambah galau suasana hati yang lagi galau saat itu. Bahkan sangking galaunya, kadang perasaan galau ini dibawa-bawa ke kampus, ke lapangan badminton, sampai ke warung makan deket kosan.  “Makan dulu ah, biar gak galau..”  Hubungannya apa coba?  Dari jaman nenek moyang gue jadi pelaut juga yang namanya orang makan itu karena lapar, bukan karena galau!  Plisss deh, unyu banget sih loe~ (lebih…)

Read Full Post »

Senin kemarin (4/6) sebuah paket dari penerbit Indiva Solo datang.  Kiriman itu berisi lima belas buku yang saya pesan beberapa hari yang lalu, dan salah satu bukunya berjudul “Once Upon A Time in Hongkong”.  Buku ini menceritakan tentang kisah nyata perjuangan seorang TKW Hongkong agar dapat mengenyam bangku kuliah.  Menarik!  Di tengah berita tentang hukuman mati seorang TKW asal Indonesia yang mencuat belakangan ini, gagasan yang diusung buku ini justru mampu membuka perspektif baru tentang kisah para TKW. (lebih…)

Read Full Post »

Oleh  :  Nurfita Kusuma Dewi

.

“A leader is one who knows the way, goes the way, and shows the way.”
—  John C. Maxwell

.

Dalam sebuah organisasi, pemimpin adalah sosok mutlak yang harus ada.  Maka tak heran, jika regenerasi kepemimpinan menjadi sebuah problematika pelik yang menuntut banyak perhatian.  Bukan hanya di tataran pemerintah pusat dan daerah, regenerasi di level entitas bisnis dan organisasi sosial kemasyarakatan pun menjadi sebuah keniscayaan alami bagi organisasi yang ingin tumbuh lebih berkualitas. (lebih…)

Read Full Post »

Beneath this mask there is more than flesh. Beneath this mask there is an idea, Mr. Creedy, and ideas are bulletproof.  —  (V for Vendetta)

Pernah menonton film “V for Vendetta” yang dibintangi oleh aktor Hugo Weaving?  Vendetta, sang tokoh utama, dalam film itu mengatakan bahwa ide adalah peluru.  Tapi tulisan kali ini tidak akan berbicara lebih jauh tentang film ini, melainkan berbicara tentang “V” yang lain dalam dunia sastra, yakni Verisimilitude.

(lebih…)

Read Full Post »

 

 

Oleh  :  Nurfita Kusuma Dewi

 

 

“Tingkat kelulusan siswa sekolah menengah menjadi barometer keberhasilan pendidikan di Indonesia.”  Kesalahan diksi dalam kalimat di atas kerap kita jumpai baik dalam tulisan maupun lisan di media massa.  Jika dicermati lebih lanjut kalimat di atas akan memicu pertanyaan, sebenarnya apa hubungan keberhasilan pendidikan dengan tekanan udara? (lebih…)

Read Full Post »

Older Posts »